Kontraktor Pembuat Lapangan

Jumat, 16 Juni 2017

Langkah membuat RAB



Pengertian Anggaran
Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sisteatis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter ang meliputi seluruh kegiatan perusahaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Oleh karena rencana yang telah disusun dinyatakan dalam bentuk  unit moneter, maka anggaran sering juga disebut dengan rencana keuangan
Dalam anggaran suatu kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang, sehingga dapat diukur pencapaian efesiensi dan efektivitas ari kegiatan yang dilakukan.
Penganggaran merupakan komitmen resmi manajemen yang berkaitan  dengan harapan  anajemen tentang biaya dan beragam transaksi keuangan dalam pembunganan yang akan dilakukan.
Pengertian RAB
             RAB adalah perhitungan rincian biaya yang diperlukan untuk setiap pekerjaan dalam proyek konstruksi, sehingga diperoleh etimasi biaya total yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.
Fungsi dan pentingnya RAB
Membuat RAB sebelum mengejakan proyek merupakan hal penting.
Mengapa? Karena RAB berfungsi sebagai acuan dasar pelaksanaan proyek, mulai dari pemilihan kontraktor yang sesuai, pembelian bahan bangunan sampai pengawasan proyek agar berjalan sesuai dengan rancangan dan kesepakatan awal anda dengan kontraktor.
Tanpa adanya RAB sangat memungkinkan terjadinya pembengkakan biaya dikarenakan pembelian bahan bangunan yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan, upah pekerja yang tidak terkontrol, pengadaan peralatan yang tidak tepat dan tidak sesuai kebutuhan dan dampak negatif lainnya. Tentu anda sendiri tidak akan mau hal itu terjadi kan ? Maka dari itu membuat RAB adalah sousi yang tepat untuk anda.
Rincian yang Harus Ada dalam RAB Lapangan Olahraga
Idealnya dalam pembuatan RAB , ada beberapa rincian yang harus terpenuhi. Namun rincian ini pun tak harus anda masukan semuanya ke dalam RAB, tergantung dari jenis perhitungan yang sesuai dengan proyek anda.
Langkah-Langkah menghitung RAB Lapangan Olahraga
Menghitung RAB memang susah-susah gampang karena RAB sebenarnya hanya merupakan  perkalian antara volume  pekerjaan dan harga satuan pekerjaan.Dikatakan susah karena ada banyak item pekerjaan yang harus anda sertakan dalam menghitung RAB. Oleh karena itu, dalam pembuatan RAB diperlukan keteliian dari pembuatannya.

Mengacu pada penjelasan mengenai komponen yang harus ada di dalam RAB, ada lima langkah yang harus adna perhatikan dalam menghitung RAB.
-          Mempersiapkan Gambar Kerja
Gambar kerja yang dibuat oleh arsitek ternyata sangat bermanfaat sekali untuk beberapa keperluan proyek anda sendiri. Gambar inilah yang nantinya akan menentukan item-item pekerjaan yang akan dihitung dalam pembuatan RAB.
-          Menghitung Volume Pekerjaan
Langkah berikutnya adalah menghitung volume pekerjaan.
perhitungan ini dilakukan dengan cara menghitung banyaknya volume pekerjaan dalam satu satuan, volume pekerjaan nantinya akan dikalikan dengan harga satuan pekerjaan, sehingga didapatkan jumlah biaya pekerjaan.
-          Membuat dan Menentukan Harga Satuan Pekerjaan
Harga satuan pekerjaan dapat dipisahkan menjadi harga upah dan material. Anda hanya tinggal masukan harga berdasarkan harga yang berlaku didaerah anda.
Namun anda juaga harus mengantisipasi adanya peningkatan harga apabila pekerjaan lapangan anda belum dimulai
-          Menghitung Jumalah Biaya Pekerjaan
Setelah volume dan harga satuan kerja sudah bisa didapatkan, maka langkah selanjutnya adalah mengendalikan angka tersebut sehingga dapat ditentukan jumlah biaya dari masing-masing pekerjaan
-          Rekapitulasi
Rekapitulasi adalah jumlah total masing-masing sub pekerjaan , seperti persiapan, pekerjaan pondasi atau pekerjaan beton. Kedua pekerjan tersebut dapat diuraikan lagi lebih detail. Stiap pekerjaan kemudian ditotalkan sehingga didapat jumlah total biaya pekerjaan.
Didalam biaya rekapitulasi ini anda juga dapat memasukan biaya tambahan dan pajak.

Dengan membuat RAB , biaya pekerjan proyek bangun atau renovasi lapangan anda jadi lebih jelas dan terperinci. RAB juga dapat membantu anda memilih bahan bangunan yang cocok untuk lapangan anda. Untuk itu pastikan anda sudah membuat RAB sebelum memulai pekerjaan  proyek anda!

Konsultasi dan order jasa hubungi :
Arya Wiratama
081338188883 (telkomsel)
085646588881 (wa/ indosat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar